01.42.00
0
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : MTs NURUL HUDA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : VIII/1
Tahun Ajaran : 2009-2010
Model Pembelajaran : Cooperative Learning
Metode Pembelajaran : Kontekstual dan Tanya Jawab
Alokasi Waktu : 7 Jam Pelajaran ( 4 x Pertemuan )


1. Standar Kompetensi
Siswa memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.
2. Kompetensi Dasar
 Siswa mampu melakukan operasi aljabar
 Siswa mampu menguraikan bentuk aljabar kedalam faktor-faktornya
 Siswa memahami relasi dan fungsi
 Siswa mampu menentukan nilai fungsi
 Siswa mampu membuat sketsa grafik fungsi alajabar sederhana pada sistem koordinat cartesius
 Siswa mampu menentukan gradien, persamaan, grafik garis lurus
3. Indikator Kompetensi
 Menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pada bentuk aljabar.
 Menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk aljabar.
 Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun
4. Materi Pokok
Operasi Aljabar 2
5. Langkah Pembelajaran
1) Pertemuan Pertama ( 2 x 40 Menit )
a. Pendahuluan ( 10 menit )
Aperserpsi dan Motivasi.
Menyajikan pembahasan yang sesuai dengan materi yang dibahas.
Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
b. Kegiatan inti ( 60 menit )
 Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan, dan perkalian pada bentuk aljabar, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VIII, karangan Cucun Cunayah, Ahmad Zaelani dan Suwah Sembiring hal. 13-21 mengenai pengertian koefisien, variabel, dan konstanta, dan hal. 17-26 mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian bentuk aljabar).
( 20 menit )
 Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian pada bentuk aljabar.
( 15 menit )
 Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 19 dan 21 mengenai cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan suku sejenis dan suku tidak sejenis, serta perkalian bentuk aljabar.
( 10 menit )
 Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Latihan 1.1“ dalam buku paket hal. 19 mengenai penentuan koefisien, variabel, konstanta, suku sejenis, dan derajat dari bentuk aljabar, "Latihan 1.2" hal. 21 mengenai penentuan hasil operasi perkalian dengan menggunakan ubin aljabar dan sifat distributif.
( 15 menit )
c. Penutup ( 10 menit )
Membuat kesimpulan dan memberikan tugas
2) Pertemuan Kedua ( 1 x 40 menit )
a. Pendahuluan ( 5 menit )
Aperserpsi dan Motivasi.
Menyajikan pembahasan yang sesuai dengan materi yang dibahas.
Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
b. Kegiatan inti ( 30 menit )
 Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan operasi pembagian pada bentuk aljabar, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VIII, karangan Cucun Cunayah, Ahmad Zaelani dan Suwah Sembiring hal. 22-23 mengenai cara menyelesaikan operasi pembagian bentuk aljabar).
( 10 menit )
 Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyelesaikan operasi pembagian dan perpangkatan pada bentuk aljabar.
( 10 menit )
 Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 22 dan 24 mengenai cara menyelesaikan pembagian dan perpangkatan bentuk aljabar.
( 10 menit )
c. Penutup ( 5 menit )
Membuat kesimpulan dan memberikan tugas
3) Pertemuan ketiga ( 2 x 40 menit )
a. Pendahuluan ( 10 menit )
Aperserpsi dan Motivasi.
Menyajikan pembahasan yang sesuai dengan materi yang dibahas.
Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
b. Kegiatan inti ( 60 menit )
 Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan pemangkatan bentuk aljabar, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VIII, karangan Cucun Cunayah, Ahmad Zaelani dan Suwah Sembiring hal. 23 dan 25 mengenai operasi pemangkatan suku satu dan pemangkatan suku dua).
( 20 menit )
 Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyelesaikan pemangkatan bentuk aljabar.
( 15 menit )
 Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 24 dan 25 mengenai cara menyelesaikan pemangkatan bentuk aljabar.
( 10 menit )
 Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Latihan 1.4“ dalam buku paket hal. 26 mengenai penentuan hasil pemangkatan bentuk aljabar.
( 15 menit )
c. Penutup
Membuat kesimpulan dan memberikan tugas.
4) Pertemuan keempat ( 2 x 40 menit )
a. Pendahuluan ( 10 menit )
Aperserpsi dan Motivasi.
Menyajikan pembahasan yang sesuai dengan materi yang dibahas.
Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
b. Kegiatan inti ( 60 menit )
 Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan faktorisasi bentuk aljabar, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VIII, karangan Cucun Cunayah, Ahmad Zaelani dan Suwah Sembiring hal. 26-34).
( 30 menit )
 Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara memfaktorkan bentuk aljabar.
( 15 menit )
 Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 27-30 mengenai cara memfaktorkan bentuk aljabar.
( 15 menit )
c. Penutup ( 10 menit )
Membuat kesimpulan dan memberikan tugas.
6. Media dan Sumber Belajar
a. Media
Media yang digunakan adalah papan tulis, kapur tulis, penghapus, dan chart.
b. Sumber
 Cucun Cunayah, dkk. 2007. “Pelajaran Matematika untuk SMP/MTs kelas VIII” Bandung. CV. Yrama Widya.
 Cucun Cunayah, 2006. "Ringkasan dan bank soal Matematika untuk SMP/MTs" Bandung. CV. Yrama Widya.
 Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni. 2008. "Matematika konsep dan aplikasinya untuk kelas VIII SMP dan MTs." Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
7. Sistem Penilaian
Teknik : tugas individu, kuis.
Bentuk Instrumen : uraian singkat.



                                                                                                   Munjul Pesantren, 26 Juli 2009
Mengetahui,                                                                              Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Madrasah



( S Y. I S A S.Pd.I )                                                                              ( Alif Agus Syarif )

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi blog ini, saran dan kritik yang membangun, masih kami tunggu ... :) :)

daleev khan. Diberdayakan oleh Blogger.