10.39.00
0
PROGRAM PEMBELAJARAN

KELAS VII

SEMESTER I & 2

Mata Pelajaran : Matematika


















PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
Nama Sekolah : MTs Nurul Huda Munjul
Kelas/ Semester : VII / 1
Mata Pelajaran : Matematika
Aspek : BILANGAN
Standar Kompetensi : 1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alokasi Waktu Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
• Memberikan contoh bilangan bulat
• Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
• Melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.
• Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.
• Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan :biasa, campuran desimal, persen dan permil.
• Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
• Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan. Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah
4 JP

1.2 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemeca han masalah. • Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.
• Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat (pengulangan)
• Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari. Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah
4 JP
Uji Materi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP











Aspek : ALJABAR
Standar Kompetensi : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alokasi Waktu Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya
• Menjelaskan pengertian, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.
• Bentuk aljabar 4 JP

2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar
• Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.
• Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal • Bentuk aljabar 4 JP
2.3 Menyelesaikan pesamaan linear satu variabel. • Mengenali PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
• Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama
• Menentukan penyelesaian PLSV • Persama-an linear satu variabel 4 JP
2.4 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel.
• Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
• Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama.
• Menentukan penyelesaian PtLSV • Persama-an linear satu variabel 4 JP
Uji Materi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP




Aspek : ALJABAR
Standar Kompetensi : 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alokasi Waktu Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
• Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
• Mengubah masalah kedalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel • Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel 4 JP

3.2 Menyelesai kan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
• Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
• Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksama-an linear satu variabel
• Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel 4 JP
3.3 Mengunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana
• Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.
• Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi. • Perbandingan dan aritmetika sosial 4 JP
3.4 Mengguna kan perbandingan untuk pemecahan masalah • Menjelas-kan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
• Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
• Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)
• Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)
• Perbandingan 4 JP
Uji Materi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP


Mengetahui, Munjul Pesantren Juli 2009
Kepala MTs Nurul huda Munjul Guru MP




ISA, S.Pd.I ……………………………
NIP.



PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
Nama Sekolah : MTs Nurul Huda Munjul
Kelas/ Semester : VII / 2
Mata Pelajaran : Matematika
Aspek : ALJABAR
Standar Kompetensi : 4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alokasi Waktu Januari Februari Maret April Mei Juni
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
4.1 Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
• Menyatakan masalah sehari- hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
• Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan
• Menyatakan notasi himpunan
• Mengenal himpunan kosong dan notasinya Himpunan
4 JP

4.2 Memahami konsep himpun an bagian
• Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan
• Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan
• Mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya Himpunan
4 JP
4.3 Melaku kan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan • Menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan
• Menjelaskan kurang(difference) suatu himpinan dari himpunan lainnya
• Menjelaskan komplemen dari suatu himpunan Himpunan
4 JP
4.4 Menyaji kan himpunan dengan diagram Venn
• Menyajikan gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn
• Menyajikan kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram Venn
• Menyajikan komplemen suatu himpunan Himpunan
4 JP
4.5 Menggu nakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah • Menyelesaikan masalah dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan
Himpunan

Uji Materi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP




Aspek : GEOMETRI
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alokasi Waktu Januari Februari Maret April Mei Juni
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
5.1 Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
• Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berimpit berpotongan, bersilangan) melalui benda kongkrit
• Mengenal satuan sudut yang sering digunakan
• Mengukur besar sudut dengan busur derajat
• Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul) Garis dan Sudut
4 JP

5.2 Mema hami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain • Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga ( garis lain)
• Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal
Garis dan Sudut
4 JP
5.3 Melukis sudut

• Melukis sudut yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan jangka
• Melukis sudut 600 dan 900. Garis dan Sudut
4 JP
5.4 Membagi sudut
• Membagi sudut menjadi 2 sama besar
• Melukis sudut 300, 450, 1200, dan 1500. Garis dan Sudut 4 JP
Uji Materi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP







Aspek : GEOMETRI
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alokasi Waktu Januari Februari Maret April Mei Juni
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
6.1Mengidenti fikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya • Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya
• Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya Segiempat dan segitiga
4 JP

6.2Menginden ti fikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
• Menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.
• Menjelaskan sifat sifat segi empat ditinjau dari sisi, sudut, dandiagonalnya.
Segiempat dan segitiga
4 JP
6.3Menghi tung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

• Menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segi empat
• Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat
• Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat
Segiempat dan segitiga
4 JP
6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu

• Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut
• Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki

• Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu. segitiga
4 JP
Uji Materi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP



Mengetahui, Munjul Pesantren Juli 2009
Kepala MTs Nurul huda Munjul Guru MP




ISA, S.Pd.I ……………………………
NIP.













PROGRAM PEMBELAJARAN

KELAS VIII

SEMESTER I & 2

Mata Pelajaran : Matematika




















PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
Nama Sekolah : MTs Nurul Huda Munjul
Kelas/ Semester : VIII / I
Mata Pelajaran : Matematika
Aspek : ALJABAR
Standar Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alokasi Waktu Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
1.1 Melakukan operasi aljabar • Menyelesaikan operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar
• Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar Bentuk aljabar 4 JP

1.2 Mengurai kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya • . Menentukan faktor suku aljabar
• Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya Bentuk aljabar 4 JP
1.3 Memahami relasi dan fungsi

• Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
• Menyatakan suatu fungsi dengan notasi Relasi dan fungsi 4 JP
1. 4 Menentu kan nilai fungsi
• Menghitung nilai fungsi
• Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui Fungsi
4 JP
1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius • Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
• Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius Fungsi 4 JP
1.6 Menentukan gradien, persamaan garis lurus • Mengenal pengertian dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk
• Menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu
• Menggambar grafik garis lurus Garis Lurus 4 JP
Uji Materi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP






Aspek : ALJABAR
Standar Kompetensi : 2. Memahami sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alokasi Waktu Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel • Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV
• Mengenal SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
• Menentukan akar SPLDV dengan substitusi dan eliminasi Sistem Persamaan Linear Dua variabel 4 JP

2.2 Membuat model matemati ka dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel • Membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV Sistem Persamaan Linear Dua variabel 4 JP
2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya • Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
Sistem Persamaan Linear Dua variabel 4 JP
Uji Materi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP

Aspek : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi : 3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alokasi Waktu Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
3.1 Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah • Menemukan Teorema Pythagoras
• Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui
• Menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450, 600) Teorema Pythagoras 4 JP

3.2 Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras • Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa
• Menghitung panjang diagonal pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang, belah ketupat, dsb Teorema Pythagoras 4 JP
Uji Materi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
Nama Sekolah : MTs Nurul Huda Munjul
Kelas/ Semester : VIII / 2
Mata Pelajaran : Matematika
Aspek : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi : 4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alokasi Waktu Januari Februari Maret April Mei Juni
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
4.1 Menentu kan unsur dan bagian-bagian lingkaran • Menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran : pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, talibusur, juring dan tembereng.
Lingkaran 4 JP

4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran • Menemukan nilai phi
• Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran
• Menghitung keliling dan luas lingkaran. Lingkaran 4 JP
4.3 Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah • Mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama
• Menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.
• Menentukan panjang busur, luas juring dan luas tembereng.
• Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah Lingkaran 4 JP
4.4 Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
• Menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat.
• Mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.
• Menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar Lingkaran 4 JP
4.5 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga • Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga Lingkaran 4 JP
Uji Materi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP






Aspek : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi : 5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alokasi Waktu Januari Februari Maret April Mei Juni
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
5.1 Mengiden tifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya • Menyebutkan unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas : rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, bidang diagonal.
Kubus, balok, prisma tegak, limas 4 JP

5.2 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas
• Membuat jaring-jaring
 kubus
 balok
 prisma tegak
 limas Kubus, balok, prisma tegak, limas 4 JP
5.3 Menghitung luas permukaan dan volume kubus,balok, prisma dan limas • Menemukan rumus luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak
• Menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas
• Menentukan rumus volum kubus, balok, prisma, limas
• Menghitung volume kubus, balok, prisma, limas. Kubus, balok, prisma tegak, limas 4 JP
Uji Materi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP





Mengetahui, Munjul Pesantren Juli 2009
Kepala MTs Nurul huda Munjul Guru MP




ISA, S.Pd.I ……………………………
NIP.














PROGRAM PEMBELAJARAN

KELAS IX

SEMESTER I & 2

Mata Pelajaran : Matematika


















PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
Nama Sekolah : MTs Nurul Huda Munjul
Kelas/ Semester : IX / 1
Mata Pelajaran : Matematika
Aspek : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi : 1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alokasi Waktu Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
1.1 Mengiden- tifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen • Mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
• Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun atau kongruen Kesebangunan 4 JP

1.2 Mengiden- tifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen • Membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga.
• Menyebutkan sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen. Kesebangunan 4 JP
1.3 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah • Menentukan perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya
• Memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan. Kesebangunan 4 JP
Uji Materi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP

















Aspek : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi: 2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alokasi Waktu Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
2.1 Mengidentifi-kasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola • Menyebutkan unsur-unsur: jari-jari/diameter, tinggi, sisi, alas dari tabung, kerucut dan bola
Tabung, kerucut, dan bola 4 JP

2.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
• Menghitung luas selimut tabung, kerucut, dan bola.
• Menghitung volume tabung, kerucut dan bola.
• Menghitung unsur-unsur tabung, kerucut dan bola jika volumenya diketahui
Tabung, kerucut, dan bola 4 JP
2.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola • Menggunakan rumus luas selimut dan volume untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola. Tabung, kerucut, dan bola 4 JP
Uji Materi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP

Aspek : STATISTIKA DAN PELUANG
Standar Kompetensi : 3. Melakukan pengolahan dan penyajian data
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alokasi Waktu Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
3.1 Menentu kan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya • Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan turus/tally.
• Mengurutkan data tunggal, mengenal data terkecil, terbesar dan jangkauan data.
• Menentukan rata-rata, median, modus data tunggal serta penafsirannya. Statistika 4 JP

3.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran • Menyajikan data tunggal dalam bentuk tabel, diagram batang, garis dan lingkaran.
• Membaca diagram suatu data Statistika 4 JP
Uji Materi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP


Aspek : STATISTIKA DAN PELUANG
Standar Kompetensi: 4. Memahami peluang kejadian sederhana.
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alokasi Waktu Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
4.1 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
• Menjelaskan pengertian ruang sampel, titik sampel suatu percobaan.
• Menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya.
Peluang 4 JP

4.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana
• Menghitung peluang masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu percobaan
• Menghitung nilai peluang suatu kejadian. Peluang 4 JP
Uji Materi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP




Mengetahui, Munjul Pesantren Juli 2009
Kepala MTs Nurul huda Munjul Guru MP




ISA, S.Pd.I ……………………………
NIP.














PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
Nama Sekolah : MTs Nurul Huda Munjul
Kelas/ Semester : IX / 2
Mata Pelajaran : Matematika
Aspek : BILANGAN
Standar Kompetensi : 5. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alokasi Waktu Januari Februari Maret April Mei Juni
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
5.1 Mengiden tifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
• Menjelaskan pengertian bilangan berpangkat bilangan bulat positif, negatif dan nol.
• Mengubah bilangan berpangkat bulat negatif menjadi pangkat positif.
• Mengenal arti bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar. Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar 4 JP

5.2 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar • Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar 4 JP
5.3 Memecah kan masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar • Menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung pada bilangan berpangkat dan bentuk akar untuk memecahkan masalah Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar 4 JP
Uji Materi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP



Aspek : BILANGAN
Standar Kompetensi : 6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Alokasi Waktu Januari Februari Maret April Mei Juni
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
6.1 Menentu kan pola barisan bilangan sederhana.
• Menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan.
• Mengenal unsur-unsur barisan dan deret, misalnya; suku pertama, suku berikutnya, suku ke –n, beda, rasio.
• Menentukan pola barisan bilangan. Barisan dan Deret Aritmetika
Barisan dan Deret Geometri 4 JP

6.2 Menentu kan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri

• Mengenal pengertian barisan aritmatika dan barisan geometri.
• Menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri.
Barisan dan Deret Aritmetika
Barisan dan Deret Geometri 4 JP
6.3 Menentu kan jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret geometri
• Mengenal pengertian
deret aritmatika dan deret geometri naik atau turun.
• Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri.
Barisan dan Deret Aritmetika
Barisan dan Deret Geometri 4 JP
6.4 Memecah kan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret • Menggunakan sifat-sifat dan rumus pada deret aritmetika dan deret geometri untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret. Barisan dan Deret Aritmetika
Barisan dan Deret Geometri 4 JP
Uji Materi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP




Mengetahui, Munjul Pesantren Juli 2009
Kepala MTs Nurul huda Munjul Guru MP




ISA, S.Pd.I ……………………………
NIP.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi blog ini, saran dan kritik yang membangun, masih kami tunggu ... :) :)

daleev khan. Diberdayakan oleh Blogger.